Pemprov Banten Bedah 85 Unit Rumah Warga Miskin - Majalah Fakta Online
Latest Post :

Arsip Posting

Advertorial

Lihat semua Advertorial »
Majalah Fakta Online. Diberdayakan oleh Blogger.

Sosok

Lihat semua Sosok »
Home » , , , » Pemprov Banten Bedah 85 Unit Rumah Warga Miskin

Pemprov Banten Bedah 85 Unit Rumah Warga Miskin


PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Banten yang dipimpin Gubernur dan Wakil Gubernur, Ratu Atut Chosiyah - Rano Karno, tampaknya selalu komitmen berpihak kepada masyarakat kecil berpenghasilan rendah. Ini adalah realisasi dari janji keduanya sebelum terpilih untuk masa kepemimpinan periode kedua ini.

Gubernut Banten,
Ratu Atut Chosiyah. (Foto: Ist)
Sebagai wujud kepedulian terhadap rakyat kecil dan terpinggirkan, Pemerintah Provinsi Banten melakukan bedah rumah warga di sejumlah kabupaten dan kota yang tersebar di Banten.

Program bedah rumah yang gencar digalakkan di Banten ini menyedot APBD 2012 sejumlah Rp 7,484 miliar.

Tahun ini Pemprov Banten memugar 85 rumah milik warga kurang sehat di delapan kabupaten dan kota. Lingkungan sehat juga dibangun di delapan daerah tersebut.

Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah, menjelaskan bahwa program bedah rumah digulirkan di Kabupaten Lebak (10 unit rumah), Kabupaten Pandeglang (16 rumah), Kabupaten Tangerang (10 unit rumah), Kota Tangerang (10 unit rumah), Kabupaten Serang (10 rumah), Kota Serang (9 unit rumah), Kota Cilegon (10 unit rumah) dan Kota Tangerang Selatan (10 unit rumah).

Di delapan wilayah kabupaten dan kota itu warga mendapatkan bantuan program pembangunan sarana mandi cuci kakus (MCK), jalan lingkungan dan drainase.

“Rumah yang dibedah sebanyak 85 unit, fasilitas MCK 7 unit, jalan paving block sepanjang 6.813 meter persegi dan saluran air (drainase) pemukiman warga radius 1.858 meter persegi,’’ jelas Atut selesai peresmian Lingkungan Sehat Pemukiman dan Bedah Rumah di Kelurahan Ciater, Kecamatan Serpong, Sabtu (15 Desember 2012).

Lebih lanjut Atut menegaskan, rumah yang dibedah merupakan milik warga kurang mampu dan tidak memiliki pekerjaan tetap. “Rumah yang dibedah itu adalah milik warga yang berpenghasilan rendah. Ada juga rumah milik warga yang memiliki pekerjaan sosial dengan mobilitas tinggi,’’ katanya.

Pemukiman sehat juga dibangun pada pemukiman warga yang kurang mampu. ”Tahun 2013 akan ada perubahan (jumlah kuota bedah rumah) sekiranya ada APBD Perubahan, karena waktunya tidak memungkinkan”.

Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Hj Airin Rachmi Diany SH MH, berpesan agar rumah yang dipugar dirawat. “Kondisi rumah perlu dijaga, dirawat, sehingga bisa membawa kenyamanan bagi yang yang menempati rumah itu,’’ katanya.

Kepala Bidang Pemukiman Dinas Tata Kota Bangunan dan Pemukiman Tangsel, Carsono, menuturkan, usulan bedah rumah untuk 371 unit di Kota Tangsel sudah diajukan kepada Kementerian Perumahan Rakyat RI. Namun usulan itu belum bisa direalisasikan karena Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) digulirkan serentak di kabupaten dan kota se-Indonesia. Dengan demkian khusus Tangsel sebagai wilayah pemekaran tidak termasuk dalam nominasi. “Sampai dengan saat ini belum ada respon dari Kemenpera,’’ tambahnya.

Bedah rumah yang dilakukan Pemprov Banten, menurut Carsono, diterima warga di Kelurahan Lengkong Gudang Timur serta Ciater, Kecamatan Serpong. “Anggaran bedah rumah per unit menelan biaya sebesar Rp 40 juta. Sedangkan untuk tahun 2013 pemerintah akan bedah 54 unit rumah milik warga,’’ katanya. (Konradus R.Mangu)R.26
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Follow by Email

Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Majalah FAKTA terbit setiap bulan. Untuk berlangganan, hubungi: (031) 5483728, SMS 085 646 231 792 atau email ke : majalahfakta@gmail.com

Edisi Penerbitan


Korupsi

More on this category »

Narkoba

More on this category »

Kesehatan

More on this category »

Iptek

More on this category »

Artikel

More on this category »

Hiburan

More on this category »

Visitors & Site Info

Flag Counter Ping your blog, website, or RSS feed for Free
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Majalah Fakta Online - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website | Modified by Adiknya | Managed by Jink