Bimtek Pemberdayaan UMKM Untuk Ketahanan Ekonomi Kota Kediri - Majalah Fakta Online
Latest Post :

Arsip Posting

Advertorial

Lihat semua Advertorial »
Majalah Fakta Online. Powered by Blogger.

Sosok

Lihat semua Sosok »
Home » , , , » Bimtek Pemberdayaan UMKM Untuk Ketahanan Ekonomi Kota Kediri

Bimtek Pemberdayaan UMKM Untuk Ketahanan Ekonomi Kota Kediri

BARU-baru ini telah dilaksanakan Bimbingan dan Pelatihan Manajemen Usaha Khususnya Bagi Pengrajin batik, Tenun, Konveksi dan Penjahit di Kota Kediri. Peserta bimbingan sebanyak 56 orang. 

Setelah mengikuti bimtek, peserta melaksanakan Orientasi Lapangan (OL) ke Perusahaan Batik Pesisir Unggulan yang ada di Pekalongan, Jawa Tengah, dan ke Internasional Batik Centre (IBC) Kabupaten Pekalongan (FPSP DINKOP).

Drs Mandung Sulaksono, Kepala Dinas Koperasi & UMKM Kota Kediri, saat memberikan sambutan dalam Bimbingan dan Pelatihan UMKM Kota Kediri. (Foto: RIED)

Perlu dipahami bahwa kemampuan sektor Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM) di samping dalam menyerap tenaga kerja dan mengurangi pengangguran/ kemiskinan juga telah terbukti bahwa sektor ini ternyata lebih tahan banting dalam menghadapi krisis ekonomi.

Hal ini terbukti saat krises ekonomi perusahaan-perusahaan raksasa dan pelaku ekonomi besar serta konglomerasi berguguran, KUMKM ternyata masih mampu tegak dan menjadi penyelamat ekonomi serta memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian makro Indonesia.

Dengan demikian tidak terbantahkan bahwa sektor UMKM memiliki peranan yang sangat penting dalam perjalanan perekonomian Indonesia dengan asumsi bahwa :
  1. Sektor KUMKM mampu menciptakan pendapatan untuk sebagian besar pekerja berpendapat rendah yang pada gilirannya tidak saja memberikan sumbangan pada peningkatan pertumbuhan ekonomi tetapi juga berdampak mengurangi kemiskinan dan memperbaiki distribusi pendapatan.
  2. Produksi sektor UMKM berperan besar dalam penyediaan barang dan jasa dengan harga murah untuk konsumsi domestik secara makro, peningkatan peran UMKM akan memperbaiki neraca pembayaran dan meningkatkan daya saing nasional.
  3. Sektor UMKM memiliki kekuatan untuk beradaptasi dengan kondisi perekonomian eksternal sehingga mampu menciptakan inovasi-inovasi baru maupun langkah-langkah terobosan dalam mengembangkan potensi ekonomi dan bisnis.

Sampai sekarang yang masih menjadi kendala dari pengelola UMKM adalah masih adanya keterbatasan modal, tidak memiliki rencana usaha yang jelas, manajemen usaha yang belum memadai, termasuk belum adanya pembukuan usaha yang baik, kualitas produksi tidak sesuai pasar, kurangnya wawasan mengatasi sebagian kendala. (RIED)R.26
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Follow by Email

Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Majalah FAKTA terbit setiap bulan. Untuk berlangganan, hubungi: (031) 5483728, SMS 085 646 231 792 atau email ke : majalahfakta@gmail.com

Edisi Penerbitan


Korupsi

More on this category »

Narkoba

More on this category »

Kesehatan

More on this category »

Iptek

More on this category »

Artikel

More on this category »

Hiburan

More on this category »

Visitors & Site Info

Flag Counter Ping your blog, website, or RSS feed for Free
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Majalah Fakta Online - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website | Modified by Adiknya | Managed by Jink